Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Biaya Layanan Di Awal

Diposting pada

Beberapa aplikasi pinjaman online menerapkan biaya layanan yang langsung diterapkan di awal. Hal ini membuat peminjam tidak bisa mendapatkan dana pinjamannya secara utuh. Namun, hal tersebut tidak berlaku di AdaKami sehingga nasabah bisa mendapatkan dana pinjaman sesuai dengan yang diinginkannya. Meskipun demikian, biaya layanan tetap berlaku di aplikasi ini setiap bulannya. 

Kelebihan Aplikasi AdaKami

  • Desain Aplikasi yang Sederhana

Dari segi desain, aplikasi ini terlihat sederhana dan tidak punya banyak menu. Sebenarnya ini adalah hal yang sangat menguntungkan karena pengguna pemula pun akan dengan mudah mengoperasikannya. 

  • Syarat yang Mudah dan Pencairan Dana yang Relatif Cepat

Aplikasi ini memperbolehkan orang dengan rentang usia 18 – 60 tahun untuk mengajukan pinjaman. Selain itu, orang tersebut diharuskan memiliki pendapatan tetap serta nomor ponsel yang masih aktif. Jika syarat-syarat ini terpenuhi, calon nasabah bisa langsung mengajukan pinjaman melalui aplikasi yang bisa didownload di Play Store. 

Di aplikasi tersebut, calon nasabah hanya perlu memasukkan data pribadinya, foto KTP, kemudian melakukan verifikasi wajah. Masukkan pula nomor rekening tabungan dan selanjutnya tinggal menunggu proses penilaian. 

Jika pengajuan pinjaman disetujui, selanjutnya calon nasabah masih harus menunggu sampai dana pinjaman dicairkan. Tenang saja, pencairan dana ini tidak lama kok, maksimal 1 x 24 jam. Kalau dalam kurun waktu tersebut dana belum juga masuk ke rekening, bisa langsung hubungi customer service aplikasi. 

  • Bunga yang Kompetitif

Bunga maksimal yang berlaku di aplikasi ini sebesar 36% per tahun atau 3% per bulan. Tetapi, harus diperhatikan, di aplikasi ini ada istilah pinjaman harian dan ada pinjaman cicilan. Kalau pinjaman harian, tenornya antara 14 hari, 21 hari dan 28 hari. Sedangkan untuk bunganya sebesar 0,1% sampai 0,13% per harinya. Sehingga kalau diakumulasikan, dalam sebulan bunganya sekitar 3% sampai 4%. 

Sementara kalau pinjaman cicilan, pilihan tenornya adalah 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Bunganya adalah bunga flat yang besarnya 3% dari total pinjaman. Dan perlu diingat, bunga ini masih belum termasuk biaya layanan. 

Untuk biaya layanan sendiri, di aplikasi ini besarnya 1,42% dari total pokok pinjaman. Tentunya, biaya layanan dibebankan pada peminjam setiap bulannya. Ada pula sejumlah kasus di mana biaya layanan naik hingga mencapai 50% dari total pinjaman. Tentunya, siapapun yang berniat mendapat pinjaman dari aplikasi ini, harus bersiap dengan risiko yang satu ini.  

  • Limit Pinjaman yang Bervariasi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, di aplikasi ini tersedia pinjaman harian serta pinjaman cicilan yang tenornya bervariasi. Untuk pinjaman harian, limitnya bisa mencapai Rp3.000.000. Sementara kalau untuk pinjaman cicilan, limitnya mencapai Rp10.000.000. Kabar baiknya adalah kalau skor kredit akun nasabah terhitung baik, nasabah tersebut berkesempatan untuk menaikkan limit. 

Simulasi Pinjaman di Aplikasi AdaKami

Seorang nasabah mendapatkan dana pinjaman dari aplikasi AdaKami sebesar Rp3.000.000 dengan jangka waktu 6 bulan. Dari dana tersebut, nasabah dikenai suku bunga maksimum sebesar 36% per tahun atau 3% per bulan dan ada biaya layanan yang besarnya 1,42% dari pokok pinjaman. Dari ilustrasi tersebut, perhitungannya sebagai berikut:

  • Biaya bunga bulanan Rp3.000.000 x 3% = Rp90.000
  • Biaya layanan bulanan Rp3.000.000 x 1,42% = Rp42.600
  • Total pembayaran setiap bulan (Rp3.000.000 : 6 bulan) + Rp90.000 + Rp42.600 = Rp632.600
  • Total pengembalian Rp632.600 x 6 = Rp3.795.600

Kesimpulan

AdaKami merupakan aplikasi pinjaman online yang memungkinkan peminjam mendapatkan dana utuh sesuai kebutuhannya. Sebab, aplikasi ini tidak memberlakukan biaya layanan yang dipotong di awal. Meskipun demikian, biaya layanan akan tetap ditanggung oleh peminjam sebagaimana simulasi pinjaman yang sudah disampaikan di atas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *